TIPS SEHAT NABI ( TIDUR )

Bagi anda yang bangun tidur bukannya segar bugar namun malah merasa letih lesu lemah, mungkin ada kesalahan dalam posisi tidur anda. Mari kita simak bagaimana Nabi Muhammad saw tidur.


Berikut ini poin-poin yang perlu kita ketahui tentang tidurnya Nabi :

  1. Rasulullah saw mempunyai kebiasaan tidur pada awal malam kemudian bangun pada permulaan paruh kedua malam. Pada saat itu beliau bangun lalu bersiwak, berwudhu dan melaksanakan sholat tahajjjud
  2. Rasulullah saw selalu tidur dalam keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan
  3. Terus berdzikir sampai jatuh tertidur
  4. Rasulullah saw tidak pernah tidur dalam kondisi perut penuh makanan dan minuman
  5. Rasulullah saw tidak pernah tidur di atas tanah tanpa alas dan tidak pernah tidur di atas kasur yang terlalu tinggi pula. Minimal beliau memakai kasur yang berisi sabut, menngunakan bantal dan kadang-kadang meletakkan tangannya di bawah pipi.

Posisi tidur yang baik adalah dengan memposisikan badan kita miring ke arah kanan. Hal ini bertujuan agar makanan yang sudah kita makan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh kita. Sangat tidak dianjurkan untuk tidur dengan posisi badan miring ke kiri karana beresiko organ hati akan teraliri bahan-bahan berbahaya ke dalamnya.
Posisi tidur Nabi saw setelah miring kesebelah kanan Kemudian, beliau berbalik bertumpu sedikit pada sisi kiri, supaya dengan begitu proses pencernaan lebih cepat karena condongnya lambung di atas hati. Kemudian beliau kembali tidur bertumpu pada sisi kanan lagi, agar makanan segera larut dari lambung; jadi posisi permulaan dan posisi terakhir tidur bertumpu pada sisi kanan.

Banyak orang yang tidurnya terlentang itu mendengkur. Sebabnya adalah turunnya lidah ke arah kerongkongan. Hal ini menyebabkan tersumbatnya saluran udara yang akan keluar dan masuk melewati kerongkongan sehingga menimbulkan suara dengkuran.
Dengan tidur miring ke kanan, lidah tidak akan menyumbat saluran udara tersebut sehingga kita terbebas dadi yang namanya ngorok.

Tidur dengan posisi ini juga menyebabkan kerja jantung lebih baik karena banyak darah yang masuk ke atrium, sebab paru-paru kanan berada di atas sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah lebih banyak dari paru-paru kiri.

Selain itu, Nabi juga meluruskan punggungnya dan sedikit menekuk kaki. Tujuannya adalah agar peredaran darah menjadi lancar dan organ-organ tidak tertekan. Sedangkan tujuan dari kaki ditekuk adalah untuk merelaksasi organ-organ dalam tubuh.

Sekian sedikit ulasan tentang tidur sehat ala Nabi Muhammad saw. 
Silahkan lihat artikel-artikel di blog EXTRAKNOWING saya.
Semoga bermanfaat :)

TIPS SEHAT NABI ( TIDUR ) | Unknown | 5

0 comments: